Ketua Umum PSSI dan Pihak Broadcaster Penuhi Panggilan Komnas HAM Hari Ini, Dirut LIB Tidak Hadir

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengkonfirmasi perihal kehadiran pihak pihak yang akan dimintai keterangan pada Kamis (13/10/2022) sore ini. Diantaranya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan pihak broadcaster dikonfirmasi akan hadir memberi keterangan soal Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) lalu. “Hari ini yang sudah konfirmasi broadcasternya itu Insya Allah datang. Terus juga ditambah awalnya besok teman teman dari PSSI nemenin FIFA dan macam macam, ternyata dia bisa sore ini. Jadi hari ini broadcasternya dan PSSI,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartwan, Kamis (13/10/2022).

Anam menambahkan selain Ketua Umum, jajaran komisi di PSSI pun akan hadir untuk dimintai keterangan pada hari ini. “PSSI memang komunikasinya Insya Allah ketumnya hadir tapi kita juga minta komisi komisi agar semuanya lengkap,” ujarnya. Menurut Anam, permintaan keterangan dari segenap elemen hingga ke komisi di PSSI menjadi penting lantaran temuan Komnas HAM di lapangan berkaitan dengan aktivits dan kewenangan dari para komisi tersebut.

Sementara itu, pihak PT LIB dipastikan tidak bisa hadir ke Komnas HAM pada hari ini. Hal itu lantaran pihak Direktur PT LIB Hadian Lukita diketahui akan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Polda Jawa Timur. Adapun terkait penundaan itu, Komnas HAM berharap pihak PT LIB dapat dimintai keterangan pada Jumat (14/10/2022) besok atau Senin (17/10/2022) mendatang.

“Dengan PT LIB sampai saat ini sebenanrya komunikasinya kita berharap besok atau senin karena sedang ada pemeriksaan dengan kepolisian, di Polda Jatim,” tuturnya. Komisioner Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara telah mendapatkan konfirmasi dari pihak PSSI, PT LIB, dan broadcaster akan hadir memberi keterangan soal Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang pada hari ini Kamis (13/10/2022). Beka mengatakan permintaan keterangan akan dilakukan secara bergantian sejak pukul 10.00 WIB.

Rencananya, kata dia, pihak PT LIB akan hadir pukul 10.00 WIB, pihak broadcaster akan hadir pukul 14.00 WIB, dan pihak PSSI akan hadir pukul 15.00 WIB. Terkait siapa saja yang akan hadir dalam permintaan keterangan tersebut, kata Beka, pengurus PSSI menyatakan akan hadir lengkap. Sedangkan dari pihak PT LIB belum bisa dipastikan siapa yang akan hadir mengingat Direktur PT LIB Hadian Lukita diketahui akan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Polda Jawa Timur.

"Jadi, hari ini memang rencananya Komnas HAM meminta keterangan dari PSSI, kemudian PT LIB, dan juga broadcaster. Pagi ini terkonfirmasi mereka akan hadir semua. Hanya, waktunya mulai dari jam 10 pagi, sampai nanti kita lihat selesai jam berapa," kata Beka di kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Kamis (13/10/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *